KICK-OFF VAKSINASI SUB PIN POLIO PANGANDARAN 2023

Posted by Operator Pemkab | 2023-04-04 09:49:30 | 878 kali dibaca

Image

by Operator Pemkab 2023-04-04 09:49:30 878

Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata melaksanakan Kick Off Sub PIN Polio di Posyandu Melati, Dusun Sidomulyo, Kec. Pangandaran, Senin, 3 April 2023.

 

Pelaksanaan PIN Polio di Kabupaten Pangandaran ini dilaksanakan secara serentak,diharapkan dapat menyasar sekitar 25.400 balita berumur 0-59 bulan.

 

Pada kesempatan tersebut Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Pangandaran Hj. Ida Nurlaela Wiradinata memberikan vaksin Polio ke sejumlah balita. 
"Dalam rangka upaya mempersiapkan generasi penerus yang sehat, yang berkualitas maka tentu upaya pemerintah daerah dilakukan banyak hal" ujar Bupati dalam sambutanya. 

 

Lanjutnya banyak upaya telah dilakukan oleh pemerintah mulai dari kesehatan ibu dan anak ketika sedang mengandung, pemberian makanan tambahan untuk melengkapi ASI sehingga gizinya terpenuhi, pencegahan stunting dan lain sebagainya. 

 

Pada akhir sambutannya, beliau mengajak kepada seluruh pihak terkait untuk mensukseskan pekan imunisasi polio secara serentak di Jawa Barat, termasuk di Pangandaran sebagai bagian dari Provinsi Jawa Barat.

 

Hadir pada kesempatan ini Anggota DPRD Kabupaten Pangandaran Sri Rahayus, S.Sos, Kepala Dinas Kesehatan Yadi Sukmayadi, Camat Pangandaran Deni Ramdani, dan Kepala Desa Sidomulyo

 

Di tempat yang berbeda, Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan melaksanakan kickoff Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) Polio di Posyandu Tunas Harapan Dusun  Astamaya Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi. Senin (3/4/2023). 

 

 

Dalam sambutannya, beliau mengatakan perlunya kekebalan tubuh bagi anak anak agar mereka sehat.
“Apabila ditemukan kasus positif polio maka itu bisa dikatakan kejadian luar biasa, virus polio itu menyebar cepat, untuk mengantisipasinya perlu adanya health imunitas, adanya kekebalan bersama, jadi kalau anak-anak balita secara bersama-sama (commural) kekebalan tubuhnya kuat maka virus itu tidak akan menyebar, “ujarnya menjelaskan. 

 

Lanjutnya, pelaksanaan vaksinasi polio ini dilakukan secara serentak diseluruh Kabupaten/Kota se-Jawa Barat dibagi dalam dua putaran yaitu mulai 3 hingga 9 April 2023, dan Sub PIN Polio putaran kedua tanggal 12 Mei 2023.

“Sekarang apabila masih ada anak-anak yang belum divaksin maka harus divaksin sampai tanggal 9 april agar terbebas dari polio, “ujarnya. 

 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, drg. Asep Kemal Pasha, Sp.KGA, dan Kepala Desa Karangjaladri Eris Darmawan.

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran