Kepala Daerah Kunci Bersama Buka Opening Ceremony Porsenitas Ke-9

Posted by Admin Web | 2022-11-24 04:24:07 | 665 kali dibaca

Image

by Admin Web 2022-11-24 04:24:07 665

Bupati Pangandaran bersama Kepala Daerah yang tergabung KUNCI BERSAMA membuka Opening ceremony Porsenitas ke-9,  bertempat di Alun-alun Paamprokan, pada Rabu malam (02/11/2022).

 

Semarak suara gamelan, angklung dan berbagai alat musik tradisional menggema di penjuru Alun-alun Paamprokan, kontingen dan defile kesenian dari 9 Kabupaten/kota menunjukkan kebolehan di hadapan tamu VIP dan masyarakat yang bersemangat untuk menyaksikan opening ceremony Porsenitas.

 

Kabupaten Pangandaran sebagai tuan rumah menjadi penutup dengan menampilkan kesenian Badud yang berasal dari Desa Margacinta.

 

Bupati Pangandaran dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen dan menuturkan jika suatu kehormatan untuk Pangandaran bisa menjadi tuan rumah Porsenitas.

"Satu kehormatan satu dasawarsa, 10 tahun kabupaten Pangandaran, menjadikan tempat pelaksanaan Porsenitas merupakan suatu kebanggaan dan penghargaan bagi warga Kabupaten Pangandaran." Ujarnya.

 

H. Jeje Wiradinata pun tak kalah ikut takjub dengan pagelaran budaya yang ditampilkan oleh setiap Kontingen, menurutnya ini menggambarkan keberagaman dan kekayaan yang dimiliki tiap-tiap daerah.

"Karnaval budaya menampilkan kreativitas, inovasi, seni daerah masing-masing yang saya lihat amat sangat luar biasa. Ciamis dengan munding gunungnya, Cirebon dengan keseniannya, menggambarkan bagaimana keragaman,  Kekayaan yang dimiliki 9 Kabupaten/kota di Jawa barat dan Jawa tengah." Ucapnya.

 

Adapun Porsenitas sebagai pagelaran olahraga menurut Bupati Pangandaran tersebut bukan dimaksudkan untuk menang atau kalah, namun menjadi ruang komunikasi

"Bagi kami adalah ruang kebersamaan ini, ruang komunikasi, witing tresno jalaran soko kulino, kalau sering ketemu makan akan bertukar pikiran, kalau sering ketemu maka akan sering menampilkan kebaikan 9 kabupaten/kota di Jawa barat dan Jawa tengah."

 

Namun, beliau menambahkan jika baginya Porsenitas tidak hanya sebatas sebagai wadah silaturahmi, tapi dengan adanya kegiatan ini diharapkan memunculkan gagasan-gagasan yang luar biasa untuk kepentingan Anggota Kunci Bersama.

"Saya kira porsenitas yang ke-9 ini harus menjadikan suatu motivasi, dijadikan bukan hanya pertemuan-pertemuan yang bersifat silaturahmi, tetapi menjadi sesuatu yang amat berharga untuk kepentingan di Pangandaran, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Cilacap, sehingga nanti muncul gagasan-gagasan yang luar biasa."

 

Sebagai penutup, beliau mengucapkan selamat bertanding dan juga pantun.

 

"Selamat bertanding, selamat berkarya untuk kita semua,"

"Daun Ketapang daun pandan

Minum air di Pangandaran

Sungguh senang ke Pangandaran

Membangun rasa kebersamaan."

 

Diakhir, Kemudian masing-masing kepala daerah membunyikan kendang secara serempak, sebagai tanda pembukaan acara Porsenitas. (Tim Publikasi)