Bupati Pangandaran Pimpin Pengukuhan dan Pelepasan Kontingen Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat yang ke-14

Posted by Admin Web | 2022-11-24 04:09:28 | 707 kali dibaca

Image

by Admin Web 2022-11-24 04:09:28 707

Bupati Pangandaran mengukuhkan dan melepaskan kontingen Porprov XIV, bertempat di Aula kantor DPRD - Parigi, pada Selasa pagi (01/11/2022).

 

Perhelatan olahraga terbesar di Jawa Barat kembali digelar, setelah 3 tahun sempat absen karena pandemi Covid-19, Pekan Olahraga Provinsi Jawa barat (Porprov) ke-14 akan mempertandingkan 56 cabang, dengan 78 disiplin cabang olahraga, dan 1044 nomor pertandingan. 

 

Sebagai Kabupaten termuda di Jawa Barat, Pangandaran tak kalah semangat dalam menyambut kompetisi tersebut. Pengukuhan dan pelepasan atlet di gelar di Aula gedung DPRD Kabupaten Pangandaran, lagu Indonesia raya dan Patriot olahraga berkumandang dengan khidmat diikuti seluruh hadirin termasuk para atlet yang akan bertanding.

 

Para atlet akan bersaing untuk memperebutkan 2626 medali emas, 2626 medali perak, dan 3364 medali perunggu, dengan total 8616 keping medali.

 

Kabupaten Pangandaran akan mengikuti 23 cabang olahraga, mengirimkan 178 atlet dan 94 official manager dan pendamping.

 

Selain itu, Kabupaten Pangandaran pada tahun ini dipercaya menjadi salah satu dari 9 tuan rumah cabang olahraga, adapun cabang olahraga yang dilangsungkan di Pangandaran antara lain Berkuda Pacuan, Renang Perairan Terbuka, Selam Laut dan Terjun Payung.

 

H. Jeje Wiradinata selaku Bupati Pangandaran mengatakan, jika seluruh atlet yang akan bertanding merupakan asli binaan Pangandaran, baginya yang terpenting bukan pada menang atau kalah, tapi ajang ini menjadi sarana untuk ukur kemampuan.

"Seluruh atlet kita asli Pangandaran, asli binaan Pangandaran, karena bagi kita adalah bukan persoalan menang kalah, tetapi untuk mengukur sejauh mana anak-anak kita berprestasi."

 

Bupati Pangandaran tersebut menuturkan untuk target Porprov tahun ini, setidaknya bisa mencapai 18 atau 15 besar, besar harapan Kabupaten Pangandaran bisa memboyong 22 emas dan masuk 10 besar.

"Kita udah diskusi panjang lebar, jadi KONI secara berkala melaporkan mengenai target-target itu, itu bukan merupakan target yang omong kosong, tapi melalui suatu pemetaan seluruh atlet yang ada di Jawa barat, misalkan; dayung, selam, balap kuda dan sebagainya." Ujarnya.

 

Target tersebut dibenarkan oleh Agus Mulyana ST, ketua KONI Pangandaran, beliau menyampaikan jika target tersebut rasional, terlebih ada beberapa olahraga unggulan yang memiliki kesempatan mendapat emas lebih besar.

"Target yang disampaikan pak Bupati betul, bahwa kita targetkan 22 emas, itu adalah target yang menurut kami rasional, dengan kita punya target 5 cabang olahraga yang di Pangandaran kita target 2 emas, berarti sudah 10, ada polo air, renang, dayung, sepeda, petang, itu adalah unggulan-unggulan yang kita harap dapat mendulang emas apa yang kita targetkan." Terangnya.

 

Namun, meski demikian Bupati Pangandaran mengaku tidak ingin membebani para atlet untuk menjadi juara, yang terpenting menunjukkan dedikasi dan loyalitas saat bertanding.

"Saya tidak membebani teman-teman untuk juara, tapi teman-teman harus menunjukkan suatu dedikasi dan loyalitas." Jelasnya.

 

Untuk persiapan, KONI Pangandaran menyatakan telah mempersiapkan segala sesuatunya sejak jauh hari untuk kenyamanan para atlet.

"Kita sudah siap betul kalau Koni, konsumsi mereka, tempat tinggal mereka sudah kita siapkan jauh-jauh hari termasuk persiapan untuk acara hari ini juga." Ucapnya mantap.

 

Dihadiri oleh Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan, unsur Forkopimda Kabupaten Pangandaran, Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Dr. H. Kusdiana, M.M, Asisten Daerah I, Asisten Daerah II, Asisten Daerah III, para atlet dan tamu undangan. (Tim Publikasi)